Gaya Asuh Orangtua Fondasi Bagi Karakter Anak Bag3

Karena meski mereka sangat keras, si anak memiliki daya tahan yang tinggi. Daya juang anak yang kuat tentu akan membuat anak jadi semakin terpacu semangatnya. Namun bagaimana dengan anak lain? Belum tentu cukup kuat menghadapi tekanan. Anak bisa mengalami mental break down karena merasa tidak mampu mengikuti tuntutan orangtuanya.

Baca juga : Kerja di Jerman

Setiap anak punya karakteristik berbeda, sehingga kurang bijak bila orangtua berpikir, anak yang saya kerasin pasti akan berhasil.” PENGARUHI KESUKSESAN Karina setuju jika gaya pengasuhan orangtua sangat memengaruhi masa depan anak, termasuk kesuksesannya. “Anak belajar pertama kali dari keluarga, orangtua adalah panutan mereka. Jadi, pengasuhan dari orangtua sangat penting untuk memberikan modal dasar yang baik untuk anak. Dengan limpahan kasih sayang, misalnya, anak akan merasa dihargai dan dicintai yang tentu akan bagus untuk kepercayaan dirinya kelak.”

Lalu gaya pengasuhan seperti apa yang membuat masa depan anak lebih cerah? Jawabannya adalah pola asuh yang seimbang yang ada dalam gaya asuh demokratis. “Seperti kita tahu, kesuksesan sebe narnya tidak hanya dihasilkan dari modal kecerdasan, tetapi juga karakter seseorang. Kesuksesan ternyata lebih banyak didatangkan bukan dari kepintaran, tetapi dari kemampuan membawakan diri dengan baik, bisa beradaptasi dengan suatu lingkungan, dan tahu harus menampilkan diri seperti apa. Dengan pola asuh seimbang, anak akan memperoleh kasih sayang yang cukup, tidak lebih, tidak kurang, sehingga karakteristik-karakteristik tadi bisa dibentuk pada kepribadiannya.

Sederet karakter baik itu akan menjadi modal dasar yang cukup untuk meraih kesuksesan,” urai Karina. Pola asuh yang seimbang, menurut Karina, di antaranya adalah memberikan aturan yang harus dipatuhi si buah hati, tetapi orangtua tahu aturan itu bukan harga mati. “Kita juga tidak boleh berpikiran bahwa anak yang selalu salah. Kita harus mampu menganalisis mengapa ya anak saya belum mampu di bidang ini,” ujarnya. MENJADI SAHABAT Salah satu gadis remaja yang sukses berkat pola asuh orangtuanya adalah Gita Gutawa. Menurut penyanyi sopran, aktris, dan penulis lagu ini, Erwin Gutawa, sang ayah, tidak pernah memarahinya secara berlebihan.

Sumber : https://maxfieldreview.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *