Desain Menawan SUV Korea

Desain Menawan SUV Korea

Duet Santa Fe dan Tucson sudah cukup lama menjadi andalan PT Hyundai Mobil Indonesia di segmen Big SUV dan Medium SUV. Sayangnya dalam kurun waktu dua tahun terakhir hanya Santa Fe yang kerap mendapat penyegaran.

Desain Menawan SUV Korea

Sementara Tucson nyaris tanpa pembaruan apa-apa. Seolah menunggu momentum yang tepat, Hyundai akhirnya merilis Hyundai Tucson baru di perhelatan Indonesia International Motor Show 2016. Berbeda dengan pendahulunya, ia kini hanya ditawarkan dalam satu varian yakni Hyundai Tucson GLS A/T.

Meski sekadar facelift, tampilan Tucson terlihat lebih manis. Bahkan semakin mirip dengan sang kakak, Santa Fe. Lihat saja aplikasi lampu utama model baru yang dikemas lebih sipit dan tajam. Bukan sembarang lampu proyektor, ia sudah mengusung lampu HID Xenon berkekuatan 4.300K.

Tidak hanya menjamin tingkat pencahayaan yang baik di jalan, lampu ini juga bisa diatur level jauhdekatnya berkat adjuster leveling. Bumper depan mobil ini juga dibuat lebih tegas. Termasuk hadirnya DRL LED yang kini model horizontal dan berada satu area bersama lampu kabut.

Kemiripan lain Tucson dengan Santa Fe ialah pada gril hexagonal berlapis krom. Ia dibuat sedikit lebih besar dan seakan menyatu dengan lampu utama. Tidak ada perubahan mencolok pada bagian buritan. Namun di bagian ini nampak lebih segar dengan aplikasi lampu belakang multi reflektor dan spoiler atap yang lebih proporsional.

Semakin lengkap karena di sektor kaki-kaki, ia didukung pelek baru berkelir dua warna berukuran 17 inci. Penasaran kami langsung mencoba masuk ke kabin. Hal pertama yang kami apresiasi ialah layout dasbor horizontal yang membuat kesan lapang. Lingkar kemudinya cukup nyaman di genggaman karena sudah berlapis kulit. Namun sayang pengaturan joknya belum elektronis.

Butuh sedikit waktu untuk menyesuaikan posisi berkendara ideal. Desain dasbor yang indah sayangnya tidak diimbangi kelengkapan fitur yang mumpuni. Paling mencolok adalah tampilan head unit. Untuk ukuran mobil seharga Rp 385 juta, head unit ini belum menggunakan layar monitor.

Bahkan meski bisa memutar CD/MP3/USB/iPod Ready, head unit ini terkesan ‘kuno’ dengan LCD monokrom. Jadi jangan berharap lebih juga untuk mendapatkan informasi tambahan seperti peta navigasi. Pun dengan dominasi material plastik yang justru membuat kesan murah di kabin.

HYUNDAI TUCSON FACELIFT

Dengan panjang mobil nyaris 4,5 meter, konfigurasi 3 tempat duduk di baris kedua tergolong lega. Selain ruang kaki dan kepala yang lapang, jok baris kedua ini juga nyaman karena dapat diatur rebah-tegaknya alias reclining. Ia juga bisa dilipat rata untuk mendapatkan ruang bagasi tambahan. Tucson belum mengadopsi smart key.

Jadi tidak ada tombol start/ stop dan Anda masih perlu memutar kunci kontak untuk menghidupkan mesin. Mobil ini juga masih setia dengan mesin bensin lawas berkapasitas 1.999 cc 4-silinder. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 158 dk dan torsi mencapai 196 Nm. Dikombinasi transmisi otomatis 6-percepatan, laju mobil terasa cukup responsif.

Perpindahan gigi tergolong halus dan bisa diatur secara manual via tuas meski belum dilengkapi paddle-shift. Respons gasnya begitu responsif di putaran bawah. Injak sedikit saja maka Tucson sudah bisa melaju dengan cepat di jalan. Namun karakter seperti ini cenderung tidak pas ketika sedang melaju di area jalan yang padat.

Beruntung saat kami coba melaju agak cepat di jalan bergelombang, bantingan suspensi Tucson terasa cukup empuk. Dengan dimensinya yang terlihat lebih besar, pengendalian Tucson juga terasa cukup mudah. Putaran setir tidak terlalu berat juga tidak terlalu enteng. Inilah berkah dari aplikasi Motor Driven Power Steering di setir.

Oh ya, bagi Anda yang kurang lihai untuk parkir mundur, Tucson sudah dilengkapi kamera parkir. Namun karena absennya layar monitor, pandangan ke belakang cukup terbatas karena tampilannya hanya muncul di kaca spion tengah. Namun setidaknya hal ini terlihat cukup membantu dan memberi kesan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *