Mercedes-Benz Sports Car

Mercedes-Benz Sports Car

Jangan terkecoh pada paras cantiknya. Spesies eksotis ini adalah Mercedes paling beringas yang ada di Indonesia saat ini.

Mercedes-Benz Sports Car

Tampilan ala grand tourer jelas bukan perawakan kebanyakan mobil di Indonesia. Bonnet yang panjang, posisi kabin menjorok ke belakang dan postur berpotongan rendah sudah membuat Mercedes AMG GT S menjadi pusat perhatian dimana pun ia melaju.

Parasnya yang cantik itu semakin atraktif ketika ia bersuara. Di putaran idle, parau knalpotnya sudah menyiratkan konfigurasi mesin V8 Biturbo yang dimiliki AMG GT S.  Injak sedikit pedal gas, maka gemuruh yang relatif tenang itu langsung berubah menjadi pekikan kencang bagai petir sedang menyambar.

Kata Sumber : JuanRamadhan.com

Keindahan suara ini bahkan semakin menjadi saat kami aktifkan mode Race. Di titik ini, setting mesin menjadi lebih agresif, pun dengan flap knalpot yang lebih terbuka.

Tujuannya jelas, membuat mesin bisa melengking lebih responsif di putaran tinggi. Dampaknya, suara knalpot semakin sangar dan siapa pun orang di sekitarnya akan sulit untuk tidak menoleh ke arah AMG GT S. Belum lagi efek tendangan balik yang muncul setiap pedal gas dilepas setelah diinjak dalam.

Kami harap Anda para pembaca juga bisa menikmati aransemen suara knalpot ini melalui kanal video Youtube Auto Bild Indonesia. Tapi selain menyita perhatian masyarakat sekitar dengan kecantikan dan gahar suaranya, AMG GT S juga menuntut atensi kami saat melajukannya di tengah kepadatan lalu lintas.

Dengan hidung sepanjang ini, ia lebih sulit dikendarai di jalan-jalan padat seperti Jakarta. Terutama di jam-jam sibuk. Titik penjuru yang lebih jauh menuntut kami beradaptasi lebih lama untuk menyesuaikan persepsi kami akan dimensi total kendaraan.

Begitu juga masalah visibilitas ke belakang yang lebih mirip dengan mengintip ketimbang melihat. Ruang visual yang terbatas itu semakin menyulitkan akibat posisi duduk rendah yang memang berorientasi pada ergonomi di kecepatan tinggi.

BEAUTY IS THE BEAST

Tetapi jika Anda meninggalkan itu semua dan beralih pada jalan bebas hambatan atau bahkan sirkuit, maka monster yang satu ini sontak berubah menjadi nirwana. Bantingan yang luar biasa keras itu menghadiahkan pengendalian yang luar biasa tajam.

Feedback setir dan gerak moncong mobil bereaksi sempurna seiring dengan putaran kemudi. Semakin ditekuk setirnya, semakin bisa dimengerti bahwa ini bukanlah mobil untuk kenyamanan sehari-hari. Ia adalah spesies yang sedari lahir memang diciptakan untuk berlari dan bermanuver.

Kesempurnaan pengendalian ini membuat kami percaya diri untuk mengeksplorasi mesinnya. Oleh AMG, unit V8 3.982 cc itu disuntik turbo ganda sehingga mampu merilis 510 dk dan torsi 650 Nm.

Ini yang menarik, output seperkasa itu lalu dikirim ke roda belakang via girboks otomatis 7-percepatan. Girboks ini berpindah sangat cepat. Baik di kecepatan rendah, sedang maupun tinggi. Saat kami tes akselerasi, dengan mode RACE START (launch control) ia bisa melesat 0-100 km/jam dalam 4 detik saja.

Meski meleset 0,2 detik dari klaimnya yang 3,8 detik, namun angka itu sudah menjadikan AMG GT S sebagai Mercedes paling kencang di Indonesia. Setidaknya saat ini. Jika Anda menghendaki, tenaga besar yang disalurkan ke roda belakang itu membuat AMG GT S bisa menari powerslide dengan indah. Tentu setelah kontrol stabilitas dan kontrol traksi dimatikan agar tidak ada intervensi komputer.

Sasis terasa sangat balans dan begitu pemaaf jika Anda ingin mengoreksi manuver mobil. Inilah paradoksnya. Di satu sisi ia merupakan mobil cantik dengan performa brutal, namun di sisi lain ia seperti ‘menyerahkan diri’ kepada pengemudi kendati output monster hanya tersalur ke satu poros roda (RWD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *