MU-X Bermesin Besar

MU-X Bermesin Besar

Isuzu di Thailand menghadirkan MU-X bermesin 3.000 cc. Seperti apakah rasa berkendara dari SUV besar bertenaga 177 dk itu?

MU-X Bermesin Besar

Kali ini kesempatan yang kami dapatkan adalah mencicipi Isuzu MU-X di Thailand. Di Indonesia MU-X hanya tersedia satu pilihan, yaitu MU-X 4×2 2.5 A/T. Berbeda dengan di negeri Gajah Putih karena di sana menghadirkan 2 pilihan mesin, 2 pilihan transmisi dan 2 pilihan sistem peggerak.

Pada edisi lalu kami telah membahas unit mesin 1.9 milik MU-X di Thailand. Sekarang giliran kami mencoba performa MU-X 4×2 3.0 Ddi A/T untuk mengetahui perbedaan dengan unit yang tersedia di Indonesia.

Sebenarnya PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menghadirkan mesin 3.0 dengan kode 4JJ1-TCX, tetapi mesin itu hanya disematkan pada D-Max. Unit tersebut berkapasitas 2.999 cc yang mampu menyalurkan tenaga sebesar 177 dk dan memiliki torsi 380 Nm pada putaran mesin 1.800- 2.800 rpm.

Ini adalah mesin yang paling bertenaga yang dimiliki MU-X. Buktinya mesin ini lebih besar 27 dk dibandingkan mesin terbaru 1.9 yang hanya memiliki tenaga 150 dk. Untuk menguji performa yang dimilikinya, kami mencoba MU-X 4×2 3.0 Ddi A/T di Isuzu 4×4 Land yang terletak di Pattaya, Thailand.

Tidak semua rintangan yang kami coba di sana, pasalnya MU-X yang kami coba tidak berpenggerak empat roda alias 4×2 saja. Langsung saja kami memasukan anak kunci dan memutarnya untuk menghidupkan mesin diesel besar milik MU-X. Suara yang dihasilkan mesin diesel itu jelas lebih keras dibandingkan mesin 2.5 di Indonesia.

Namun ketika pintu ditutup, suara mesin langsung meredup dan tidak sampai mengganggu kenyamanan di dalam kabin. Kami segera pindahkan tuas transmisi dari posisi P (Parking) ke D (Drive).

ISUZU MU-X BERMESIN 3.0

Tidak perlu menginjak pedal gas dalam untuk menjalankannya, karena tenaga yang besar dapat dengan mudah melajukan MU-X 3.0 yang berbobot 2,65 ton ini.

Lalu bagaimana jika kami menginjak pedal gas secara penuh? Memang tidak ada gejala spin yang menandakan tenaga tersalur deras hingga ban kehilangan traksi, namun hempasan di jok pengemudi sudah cukup menggambarkan nikmatnya mesin ber-output besar ini.

Di Isuzu 4×4 Land kami tidak dapat mencoba MU-X di jalan yang memiliki kontur aspal, tetapi kami mencobanya di medan tanah yang memiliki permukaan gravel. Dengan kondisi jalan tersebut, membuat kami layak untuk menguji kenyamanan dari bantingan suspensi milik MU-X.

Benar saja, tidak ada masalah yang mampu mengurangi sisi kenyamanan ketika MU-X diajak melaju di medan dengan kontur tanah tidak rata. Semua itu berkat bantingan MU-X yang empuk sehingga peredam kejut mampu menyajikan kenyamanan kepada pengendara dan penumpang di berbagai medan.

Keperkasaan mesin ini sebenarnya sungguh pas bagi penggemar SUV besar yang ingin tenaga lebih besar. Apalagi MU-X punya kualitas bantingan yang lebih empuk dibanding beberapa rivalnya seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *