Hamil, Dinyatakan Kurang Gizi

Salam dokter judi. Saya (28) sedang hamil 2 bulan anak kedua. Anak pertama lahir kurang bulan karena saya dinyatakan ku rang gizi. Untuk kehamilan kedua ini, saya tak mau kondisi itu ter ulang kembali. Saya ingin bertanya, nutrisi apa yang dibutuhkan selama hamil? Perlukah sa ya minum susu khusus ibu hamil? Bagaimana pola tidur yang baik?

Baca juga : ausbildung jerman

Di kehamilan kedua ini, emosi saya naik turun akibat lelah bekerja dan menghadapi anak pertama yang masih suka rewel. Bagaimana caranya me ngon trol emosi yang kadang tidak stabil? Mohon saran dokter judi. Terima kasih. Siti Fauriza – Malang Dikatakan kurang gizi bila perbandingan tinggi dan berat tidak sesuai standar normal. Kita memakai perhitungan indeks massa tubuh (IMT) yaitu berat badan (kilogram) dibagi tinggi badan dalam meter kuadrat (TB : BB2). Contoh: TB 176 cm, berat 75 kg, maka IMT dihitung sebagai berikut: 75 dibagi (1,76)2 = 24,2 (normal). IMT normal 18,50–24,99, bila <18,50 dikatakan gizi kurang.

Cara perhitungan dan nilai normal IMT dapat dilihat pada gambar 1 dan 2. Untuk memperbaiki status gizi, Ibu perlu berkonsultasi dengan dokter gizi klinik; juga dengan dokter kandungan Ibu agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penanganan Ibu. Makanan yang dianjurkan adalah yang halal dan sehat, berasal dari sumber alami, misal, sayur dan buah segar, ikan laut, susu (tidak harus susu ibu hamil, pilih yang Ibu suka) dll. Dari ahli gizi klinik akan dihitung berapa kalori yang Ibu perlukan agar mencapai berat badan ideal.

Mengenai pola tidur, idealnya 8 jam per hari, siang 2 jam dan malam 6 jam. Kesibukan akan mengubah pola tidur dan ini dapat membuat ibu dan janin menjadi stres. Tentang emosi, Ibu harus banyak bersabar, berdoa, dan mau menerima segala perubahan yang terjadi pada diri Ibu akibat kehamilan. Rajin berolahraga, tidur cukup, dan berdialog dengan suami merupakan cara yang baik. Terima kasih atas pertanyaannya.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *