Home Energy Management Systems ala Autotrade Gold

Home Energy Management Systems ala Autotrade Gold – Bagaimana jika mobil dan rumah Anda saling bersinergi membagi energi yang masih tersisa agar bisa dimaksimalkan penggunaannya? Solusi ini bisa menghemat dalam berbagai hal. Home Energy Management Systems (HEMS) meru pakan salah satu bagian dari inovasi Toyota Smart Center. Inovasi dari Toyota ini dibangun dengan tujuan untuk membagi energi listrik yang ada di baterai dalam sebuah kendaraan listrik atau hybrid ke rumah Anda. Solusi ini tidak hanya dapat menghubungkan orang ke kendaraan, tetapi juga sistem dalam rumah. Menurut Toyota, teknologi untuk mendukung Eco­Life ini memiliki banyak manfaat untuk semua orang.

Dengan menggunakan HEMS, Anda bisa men­charge kendaraan dari sistem sel solar saat tangah hari. Selanjutnya, pada sore dan malam hari ketika kendaraan sudah ada di rumah, energi listrik di kendaraan Anda bisa ditransfer ke rumah untuk menyalakan berbagai peralatan listrik. Hal ini bisa dilakukan untuk jenis Plug­In Hybrid Vehicle (PHV). Menurut Toyota, nantinya dari kendaraan Hybrid, energi yang disalurkan bisa menghasilkan sekitar 40kWh yang sanggup menerangi rumah hingga 4 hari. Toyota HEMS tidak hanya sampai disitu. Toyota juga melengkapinya dengan koneksi melalui smartphone. Tidak masalah Anda sedang berada dimana, melalui smartphone, Anda masih bisamemeriksa status baterai PHV, lalu menyalakan atau mematikan AC di dalam rumah melalui aplikasi di smartphone.

Dari Home Energy Management System ini, Toyota juga merancang konsep Eco­Town. Konsep ini sama seperti HEMS tetapi dengan skala yang lebih luas. Untuk konsep ini Toyota melakukan pengujian di negara Jepang, yaitu Toyota City dan Rokkasho­mura. Namun ke depannya, Toyota akan menguji konsep ini di Indianapolis, Amerika Serikat. Pengujian di kota­kota ini dapat membantu Toyota dalam mencari sumber­sumber energi dari alam, seperti angin dan panas matahari sehingga dapat meghidupkan ratusan rumah di kota tersebut. Dengan demikian, efisiensi energi bisa didapat dan dapat mengurangi zat CO2. Toyota Prius, salah satu jenis PHV keluaran Toyota (atas) dan konsep HeMs dari efisiensi di rumah hingga dapat menciptakan eco­Town untuk skala yang lebih besar (kanan).

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *